Karawang kekeringan | petani menuntut air

Sepetak, 9-08-2012. Ratusan petani yang berasal dari beberapa desa yang ada di kecamatan pakis jaya, pagi tadi berunjuk rasa ke Perum Jasa tirta II karawang di karenakan kekeringan serta gagal tanam yang terjadi di kecamatan pakisjaya. Para petani menyatakan bahwa gagal tanam ini adalah keslahan dari Pemerintah yang lalai dalam mengelola sistem pengairan khususnya bagi kaum tani karawang. Unjuk rasa ini adalah yang kedua kalinya, setelah sebelumnya petani juga mendatangi kantor jasa tirta serta pemerintah kabupaten karawang, namun sampai tiga kali petani melakuka tebar bibit (semai bibit padi) air tak kunjung datang membasahi sawah petani.

Deden sofian dalam orasinya menyatakan bahwa jika dalam tahun ini hasil dari panen petani kurang dari 6 ton, maka dalam hal ini Perum Jasa Tirta serta pemerintah harus mengganti sepenuhnya semua kerugian yang dialami petani, dikarenakan ini adalah murni kesalahan Pemerintah.

Sungguh ironis ketika kami melihat di pintu pembagian air, pintu yang mengalir ke arah bekasi (Kali malang) dialiri debit air yang sangat besar dibanding pintu air yang mengalir kewilayah irigasi petani (citarum). Komersialisasi serta Privatisasi air menjadi suatu bukti bahwasanya pemerintah bukan untuk melayani rakyat, namun pemerintah adalah pelayan bagi kepentingan kaum pemodal (kapitalis).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »